Thursday, March 28, 2013

Manusia dan Cinta Kasih

I. Pengertian Cinta Kasih
Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yangdilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian,memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan maumelakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit.Bisa dialamisemua makhluk.Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangansemasa.Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan didalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.Sifat cinta dalampengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cintamungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  • Perasaan terhadapkeluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman, atauphilia
  • Perasaan yangromantisatau juga disebutasmara
  • Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginanhawa nafsuatau cintaeros
  • Perasaan sesama atau juga disebutkasih sayangatauagape
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebutnarsisisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya ataupatriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa ataunasionalisme


II. Cinta Menurut Ajaran Agama
Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama, tetapi dalam kenyataan hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan. Di satu pihak ada yang mengatakan, cinta di dengungkan lewat lagu dan organisasi perdamaian dunia, tetapi di pihak lain ada juga yang mengatakan dalam praktik kehidupan cinta sebagai dasar kehidupan jauh dari kenyataan.Cinta menampakkan di dalam kehidupan manusia dalam berbagai bentuk, kadang-kadang seseorang mencintai dirinya sendiri, kadang-kadang seseorang mencintai orang lain.Atau juga istri dan anaknya, hartanya allah dan rasulnya, berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur'an.

III. Kasih Sayang
Banyak yang mengira sayang dan cinta hampir sama. karena kegunaan dan bentuk pengukapan dalam segi rasa hampir sama.berbanding terbalik atau sangat mirip. Tapi setelah banyak pendapat ternyata bebeda fungsi, gunanya dan penempatan. Biasanya rasa sayang tumbuh lebih dahulu sebelum rasa cinta muncul.Tumbuhnya rasa sayang dan cinta semua tidak diketahui kapan dan sampai kapan, menurut buku yang saya baca cinta definisinya tidak terbatas, jadi rasa cinta dan sayang itu jangan dibatasi sebab luas persepsinya. Banyak bermunculan ide dan pendapat bahwa cinta dan sayang itu saling bertolak belakang. Rasa cinta dan sayang adalah pemberian Tuhan kepada hambanya, karena adanya sayang dan cinta mungkin dunia ini akan begitu indah karena penghuninya memliki rasa diantara rasa yang sangat mulia. Munculnya cinta dan sayang bukan karena tanpa sebab,semua itu mungkin sudah direncanakan olehNya. Antara sayang dan cinta siapa saja pastisudah bisa merasakan betapa indah, nikmat tentunya banyak yang di buat bahagia atasnya. Tapi juga dampak dari rasa sayang dan cinta mungkin banyak yang bilang sakit dantrauma bahkan sangat benci karena mengenalnya. Karena adanya cinta tiap manusia tentubisa mengerti hal-hal yang mungkin akan efek dari kedua hal ini. Untuk memiliki cinta inibutuh tahap karena pada hakikatnya semua orang pingin mendapatkan cinta suci yang tinggi nilainya. Mungkin ketika kita melhat sesuatu yang indah akan berubah takjup, ingin memelikidan hasrat untuk segara mempunyai. Contoh saja, ketika kita sudah memliki pacar di depan kita sedang berdiri misal cewek/cowok cakep secara tidak sengaja kita sudah mengagumi sosok nya, hal itu wajarmanusia di karunia panca indra mereka bisa merasa,melihat dsb. Ketertarikan akan sesuatu berevolusi menjadi ingin memiliki apa yang ada dalam hatinya yg menurut ia sangat mengasyikkan. “Cinta” kedalaman hati dalam jiwa manusia buah dari ketertarikan dan rasasuka. kasih sayang adalah efek dari rasa suka dan cinta jadi tidak ada bedanya, hanya yg beda pengungkapan kasih sayang tersebut antara seorang ibu dengan anaknya, sepasang kekasih,seorang sahabat.Perhatian, memeluk, mencium adalah eksperesi kasih sayang seseorang dan wajar jika terjadi dalam diri manusia, tetapi semua ada normanya untuk menjaga kesuciancinta agar tak terjangkiti oleh nafsu. Jadi ini hanya sebuah pikiran, masih muda dan kawan2aku juga muda. perbedaan suka, sayang, dan cinta bagus banget dirangakai dari hati yg dalamdan sebuah pengalaman dan sudah menjadi warna dalam kehidupan

IV. Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraanberarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib.Kemesraan juga bersumberdari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengankekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih. Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
  • Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkandorongan seksualitasnya kuat.
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalamperkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangatterasa, namun bias sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemesraan bagi manusia berbeda dengan pada usiasebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan - jalan dan sebagainya.


V. Pemujaan
Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kitasenangi.Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja padaleluhur,memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada.seperti Pemujaan padaleluhuradalah suatu kepercayaa bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memilikikemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Dalambeberapa budaya Timur, dan tradisi penduduk asli Amerika, tujuan pemujaan leluhur adalahuntuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur.Fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalahuntuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaankeluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.

VI. Belas Kasihan
Belas kasihan, welas asih, atau kepedulian adalah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain. Diawali dengan rasa belas kasihan, dilanjutkan dengan suatu tindakan nyata dan mukjizat.

VII. Cinta Kasih Erotis
Cinta kasih erotis yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuandengan seseorang lainnya. cinta kasih erotis bersifat ekslusif, bukan universal, pertama-tamacinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang dapat di eksplosif berupan jatuh cinta. Tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih dahulu , pengalamanintimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanya sementara.Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri, tetapi sekali-kali bukan merupakannafsu fisi belaka, untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan.Rupanya keinginan seksualdengan mudah dapat di dicampuri atau di stimulasi oleh tiap-tiap perasaan yang mendalam.
Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasihpersaudaraan dan cinta kasih keibuan, sering kali eksklusivitas dalam cinta kasih erotis disalah tafsirkan dan di artikan sebagai suatu ikatan hak milik, contoh sering kita jumpaiseparang orang-orang yang sedang saling mencintai tanpa merasakan cinta kasih terhadapsetiap orang lainya.Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian yaitubahwa seseorang sunguh-sunguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi orang lain(wanita ataupun pria). Hal ini merupakan dasargagasan bahwa suatu pernikahan tradisional, yang kedua mempelainya tidak pernah memilih jodohnya sendiri, beda halnya dengan kebudayaan barat/ zaman sekarang, gagasan ituternyata tidak dapat diterima sama sekali. Cinta kasih hanya di anggap sebagai hasil suatureaksi emosional dan spontan.Dengan demikian, bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belakamaupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari perbuatan kemauan.

2 comments: