Wednesday, October 24, 2012

Kependudukan dan Model - Model Piramida Penduduk di Dunia


       I.            Definisi Penduduk
Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
·         Orang yang tinggal di daerah tersebut
·         Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.            

Kependudukan atau demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Meliputi di dalamnya ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.
Pada awal abad 18 untuk mencapai jumlah penduduk dunia sebanyak 1 miliar diperlukan waktu ribuan tahun. Namun, untuk mencapai jumlah penduduk 2 miliar pada tahun 1930-an hanya diperlukan waktu 100 tahun. Pada tahun 1975 jumlah penduduk duniamencapai 4 miliar dan 12 tahun kemudian bertambah satu miliarsehingga mencapai 5 miliar pada akhir tahun 1987. Pada akhir abad berikutnya diperkirakan jumlah penduduk dunia mencapai 10 miliar.Sedangkan data terakhir menunjukan bahwa populasi penduduk duniapada tahun 2005 mencapai 6,4 miliar.Data di atas menunjukkan bahwa penduduk dunia makin mening-kat dari tahun ke tahun.
Pertumbuhan penduduk dunia sangat dipengaruhi oleh perkembangan peradaban manusia dalam berinteraksi dengan alam sekitarnya. Seiring dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi manusia dalam mengolah sumberdaya alam maka taraf kehidupan manusia semakin baik sehingga hal inisangat memengaruhi terhadap penurunan angka kematian penduduk.Pertumbuhan Penduduk dunia menurut Thompson dan Lewis dalam IdaBagus Mantra meliputi 5 periode, sebagai berikut.

    II.            Pertumbuhan Penduduk Di Dunia
A.    Periode Tahun 1650 - 1800
Periode ini ditandai dengan berkembangnya teknik pertanian baru dan berdirinya pabrik-pabrik yang disertai sarana transportasi yang cukup sehingga kondisi tersebut memengaruhi terhadap pertumbuhan penduduk, terutama negara-negara Barat. Saat itu pertumbuhan penduduk diperkiraan 0,4 % per tahun dengan jumlah penduduk kurang lebih 900 juta jiwa.
B.     Periode Tahun 1800-1850
Periode ini ditandai dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi terutama di negara-negara Eropa. Dimana dalam kurun waktu 50 tahun pertumbuhan penduduk kurang lebih 33,3%. Keadaan tersebut terjadi karena stabilnya kondisi politik sehingga mendorong pula terhadap ketahanan penyediaan pangan.Selain itu meningkatnya kesadaran terhadap kesehatan lingkungan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk.
C.    Periode Tahun 1850-1900
Kemajuan teknologi pada periode ini semakin mendorong peningkatan produktivitas manusia. Pada saat itu tingkat fertilitas di negara-negara barat menurun karena sudah mulai sadar bahwa pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan melalui usaha penurunan tingkat kelahiran.
D.    Periode Tahun 1900-1930
Pada periode ini terjadi Perang Dunia I yang memberi pengaruh besar terhadap pertumbuhan penduduk dunia. Secara garis besar terjadi tiga perkembangan penduduk, yaitu sebagai berikut:
1)      Negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat mampumengendalikan pertumbuhan penduduk dengan baik.
2)      Negara-negara Eropa Timur, Afrika Utara, Amerika Latin serta Jepang, usaha penurunan angka kelahiran belum berhasil.
3)      Negara-negara berkembang (negara-negara selain yang telahdisebutkan di atas) mengalami kelahiran dan kematian yangcukup tinggi.

E.     Periode Tahun 1930 – Sekarang
Merupakan periode peledakan penduduk terutama pascaPerang Dunia II. Berkembangnya teknologi modern serta meningkat-nya pelayanan kesehatan menyebabkan meningkatnya kualitashidup. Pada periode ini penduduk dunia mencapai 4 milyar (dekade1990-an) dan 6 milyar (dekade 2000). Namun, hanya 1 milyar lebih yang hidup di negara mapan atau maju.
Jumlah penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 7 miliar jiwa pada tahun 2012. Terdapat 6,7 miliar penduduk dunia saat ini. AS menempati urutan ketiga untuk jumlah penduduk terbesar dunia yang mencapai 304 juta jiwa setelah India serta China.
Jumlah penduduk dunia mencapai 6 miliar jiwa pada tahun 1999. Ini berarti dibutuhkan waktu sekitar13 tahun lagi agar jumlah penduduk dunia bertambah 1 miliar jiwa.
Penduduk dunia mengalami pertambahan jumlah 1,2 persen setiap tahunnya. Biro Sensus AS memproyeksikan tingkat pertumbuhan akan menyusut 0,5 persen menjelang tahun 2050. Pada saat itu, India diperkirakan akan mengambil alih China sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.
Ahli demografi Biro Referensi Penduduk AS, Carl Haub, menerangkan, perkembangan nutrisi dan medis di negara berkembang telah mengakibatkan terjadinya ledakan penduduk menyusul Perang Dunia II. Sebagai perbandingan, menurut Carl Haub, jumlah penduduk dunia belum mencapai 1 miliar hingga tahun 1800. Jumlah penduduk dunia belum mencapai 2 miliar jiwa hingga 130 tahun kemudian.



 III.            Model – Model Piramida Penduduk Di Dunia




Daftar Pustaka:
Geografi 2, Lingkungan fisik social, Siti Azizah Susilawati, SumardiMuhammad & Amin Sunarhadi

No comments:

Post a Comment